Iran dan Venezuela Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Menteri Perminyakan Republik Islam Iran dan Menteri Luar Negeri Venezuela menekankan kelanjutan kerja sama bilateral di semua bidang, khususnya, penciptaan bidang ekonomi baru.

Menurut IRNA pada hari Senin, Menteri Perminyakan Iran Javad Oji dan Menteri Luar Negeri Venezuela Felix Plasencia Gonzalez membahas perluasan kerja sama ekonomi antara kedua negara di sela-sela pertemuan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Gas (GECF) di Qatar.

Pertemuan antara Menteri Perminyakan Iran dan Menteri Luar Negeri Venezuela berlangsung dalam rangka KTT Keenam GECF di Qatar yang dimulai kemarin, dan akan berlanjut hingga Selasa.

Iran adalah salah satu produsen gas terbesar di dunia dan pendiri GECF, yang telah menjadi Sekretaris Jenderal selama dua periode.

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Gas (GECF) didirikan pada Mei 2001 di Tehran. Forum tersebut terdiri dari 11 negara anggota yaitu: Aljazair, Bolivia, Mesir, Guinea Khatulistiwa, Iran, Libya, Nigeria, Qatar, Rusia, Trinidad dan Tobago, dan Venezuela.

Selain itu Malaysia, Norwegia, Irak, Peru, Republik Azerbaijan dan UEA juga hadir sebagai anggota pengamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Provokasi Rusia, AS Gelar Latgab Dekat Perbatasan Ukraina
Next post Ketakutan Israel atas Serangan Hizbullah di Hari yang Dijanjikan