Pemimpin G7 Sepakati Larangan Impor Minyak dari Rusia

Pemimpin G7 Sepakati Larangan Impor Minyak dari Rusia

 

Para pemimpin dari negara anggota kelompok Tujuh (G-7) sepakat melarang impor minyak dari Rusia sebagai tanggapan atas operasi militer Rusia di Ukraina yang terus berlanjut hingga kini.

Bloomberg, Senin (9/5/2022) melaporkan, pernyataan bersama ini diambil para pemimpin dari negara anggota G-7 setelah melakukan video call dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Pertemuan virtual itu dilakukan hanya sehari sebelum hari peringatan kemenangan Rusia atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II pada 9 Mei 2022. Beberapa negara G-7 berjanji untuk melakukan diversifikasi pasokan minyak mentah yang selama ini diperoleh dari Rusia ke negara-negara lain.

Amerika Serikat dan Inggris telah mengumumkan larangan impor minyak dari Rusia. Sementara itu Jerman, negara dengan ekonomi terbesar Uni Eropa, telah mendukung proposal agar UE menyingkirkan minyak dari Rusia mulai Januari.

“Kami akan berkomitmen untuk menghapus ketergantungan kita kepada energi Rusia, termasuk dengan menghapus atau melarang impor minyak Rusia,” kata para pemimpin negara anggota G-7 dalam pernyataan bersamanya.

“Kami akan memastikan bahwa kami melakukannya secara tepat waktu dan teratur, dan dengan cara yang menyediakan waktu bagi dunia untuk mengamankan pasokan alternatif,” tegasnya.

Para pemimpin G-7 juga mengatakan mereka akan mengambil langkah-langkah untuk melarang atau menghambat pasokan barang yang selama ini dibutuhkan Rusia dari negara lain.

“Ini akan memperkuat isolasi Rusia di semua sektor ekonominya,” menurut pernyataan itu.

Para pemimpin negara G-7 juga akan memacu peralihan dari bahan bakar fosil dan mempercepat transisi ke energi bersih, untuk memastikan pasokan energi global agar tetap stabil. Selain itu, pernyataan bersama negara anggota G-7 juga mencakup janji untuk melanjutkan tindakan melawan perbankan asal Rusia yang terhubung dengan ekonomi global.

Pertemuan itu terjadi ketika Uni Eropa berjuang untuk menyetujui larangannya sendiri atas impor minyak dari Rusia. Adapun negara anggota G-7 terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan