Erdogan Usulkan Pertemuan Putin dengan Zelensky

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan dirinya mengundang Vladimir Putin untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Ankara.

Tentara Rusia menyerang Ukraina pada 24 Februari dengan tujuan membantu otoritas wilayah Luhansk dan Donetsk melawan Kyiv.

Turki, yang menghadapi beberapa masalah internal dan eksternal telah memulai upaya habis-habisan di kancah internasional untuk memainkan peran sebagai mediator dalam menyelesaikan krisis Ukraina demi kepentingan nasionalnya.

Menurut Sputnik, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada wartawan hari Sabtu (6/8/2022) setelah kembali dari Sochi, Rusia mengatakan,”Krisis Ukraina akan diselesaikan di meja perundingan. Dengan alasan ini, saya mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Ankara,”.

Erdogan juga mengklaim bahwa Putin menganut “pendekatan adil” terhadap Turki dalam masalah Suriah dan mendukung Ankara dalam perang melawan terorisme.

Di bagian lain statemennya, Presiden Turki mengumumkan rencananya untuk mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir negaranya yang sedang dibangun dengan partisipasi Rusia, dan mengatakan, “Ankara berkomitmen untuk meluncurkan reaktor pertama pembangkit listrik ini pada tahun 2023,”.

Pada tahun 2010, Rusia dan Turki menandatangani perjanjian untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklirdi provinsi Mersin, di Turki selatan. Badan Energi Atom Rusia Rosatom memulai pembangunan pembangkit listrik berkekuatan 4.800 MW pada 2018.

PLTN ini akan menjadi pembangkit listrik tenaga nuklir pertama yang dibangun di Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Mengenal Perubahan Iklim dan Spesies Langka
Next post AS Pasang Badan Bela Kejahatan Terbaru Rezim Zionis di Gaza