Trump Usulkan Guru Dipersenjatai

 

Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyerukan supaya para guru dipersenjatai di dalam kelas, dan menolak usulan pengendalikan senjata di negara itu.

BBC hari Sabtu melaporkan, Donald Trump dalam pertemuan Asosiasi Senjata Nasional mengatakan bahwa penembakan massal, seperti penembakan di sebuah sekolah di Texas selatan, adalah alasan untuk mempersenjatai, bukan untuk melucuti senjata.

Aksi penembakkan yang dilakukan seorang remaja di sebuah SD di Texas menewaskan 19 anak dan dua guru.

Serangan hari Selasa terjadi di tengah meningkatnya kekerasan bersenjata di AS yang mendorong banyak kalangan menuntut pembatasan penggunaan senjata api.

Tapi Trump justru menentang usulan tersebut, dan sebaliknya mengusulkan supaya para guru dipersenjatai.

“Kini tiba waktunya untuk mengizinkan beberapa guru terlatih membawa senjata di dalam kelas,” kata mantan presiden AS dalam pidatonya di National Rifle Association di Houston.

Trump juga menuduh Presiden AS Joe Biden mencoba menggunakan penderitaan orang lain untuk memajukan agenda politiknya, termasuk dengan mengekang kepemilikan senjata.

Joe Biden baru-baru ini mengatakan, dirinya harus berdiri di lobi senjata di Amerika Serikat dan menyerukan pengurangan kepemilikan senjata setelah aksi berdarah di sebuah SD di Texas

Trump adalah pendukung setia kepemilikan senjata di Amerika Serikat.

“Amerika Serikat adalah satu-satunya negara di dunia di mana setidaknya terjadi satu penembakan massal setiap tahun,” tulis CNN baru-baru ini, mengutip studi yang dilakukan organisasi kepemilikan senjata Swiss, Small Arms Survey.

Laporan tersebut menyatakan bahwa ada 120,5 senjata api per 100 orang Amerika.

Amerika Serikat Menyaksikan Penembakan Massal Lainnya

 

Amerika Serikat telah menyaksikan salah satu penembakan sekolah paling mematikan dalam beberapa tahun.

Delapan belas siswa tewas dalam penembakan di sekolah di Texas.

Murid-murid itu duduk di kelas dua, tiga, dan empat. Dua orang dewasa juga ditembak mati dalam pembantaian itu.

Insiden itu terjadi di Sekolah Dasar di Uvalde. Ini adalah kota sekitar 80 mil sebelah barat San Antonio.

Tersangka adalah seorang pria berusia 18 tahun. Dia memiliki pistol dan senapan. Tersangka dibunuh oleh polisi.

Remaja itu diduga membunuh neneknya sebelum mengamuk.

Insiden itu telah menyoroti budaya senjata ungu AS. 1,5 juta kematian senjata api telah terjadi antara tahun 1968 dan 2017.

390 juta senjata diperkirakan akan beredar pada tahun 2018. Itu rasio tertinggi per penduduk di dunia.

“Saya pikir Anda tidak dapat berbicara tentang masalah kontrol senjata lagi karena terpisah dari semua agenda sayap kanan lainnya di sini. Apa yang terjadi di sini? Anda memiliki sistem “membingungkan” di mana sebenarnya kehendak demokratis penduduk dalam banyak aspek tidak dapat diwujudkan, tidak dapat terjadi,” ujar Framk Emspak, Profesor Emeritus, Universitas Wisconsin.

Ada pemusnahan yang berkembang untuk mengekang penjualan senjata di AS.

Namun Asosiasi Senapan Nasional yang kuat menentang tindakan pembatasan. Ini menghabiskan miliaran dolar untuk mempengaruhi anggota Kongres pada kebijakan senjata.

Kota Strategis Lyman, Ukraina Direbut Pasukan Pro-Rusia

 

Pasukan dukungan Rusia, di wilayah Donbass, berhasil merebut kota strategis Lyman, yang terletak di timur Ukraina.

Pasukan separatis Ukraina, di wilayah Donbass, Jumat (27/5/2022) mengumumkan telah berhasil merebut kota strategis Lyman dari tangan pasukan pemerintah Ukraina.

Akan tetapi pemerintah Ukraina sampai saat ini belum memberikan komentar resmi terkait berita direbutnya kota Lyman oleh pasukan pro-Rusia.

Di sisi lain, pasukan dukungan Rusia di wilayah-wilayah timur Ukraina, baru-baru ini mengalami sejumlah kemajuan signifikan bersama pasukan Rusia.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat hari Kamis mengatakan, di wilayah-wilayah otonomi Donbass, Ukraina, Rusia mengalami kemajuan sebagai pemimpin perang.

Seperti dikutip CNN, pejabat Pentagon ini menambahkan, Rusia telah menambah divisi-divisi taktisnya di Donbass dalam waktu 2,5 minggu dari 97 menjadi 110 divisi.

Pejabat AS yang tak bersedia diungkap identitasnya itu melanjutkan, markas terbesar mereka berada di selatan, tapi di sekitar wilayah tengah dan timur juga terdapat divisi-divisi yang mirip dengan divisi taktis Rusia.

Ukraina Kehilangan Kendali atas Laut Azov Selamanya

 

Anggota Dewan Administrasi Sipil-Militer Zaporizhia di Ukraina mengungkapkan bahwa negaranya kehilangan akses ke Laut Azov selamanya.

Lebih dari tiga bulan berlalu sejak awal perang Ukraina meletus, 25 negara telah mengirim berbagai senjata ke Kiev, yang menyebabkan perang terus berkobar hingga kini.

Russia Today hari Kamis (26/5/2022) melaporkan, Vladimir Rugov, Anggota Dewan Administrasi Sipil Militer Zaporizhia mengatakan, “Ukraina telah kehilangan akses ke Laut Azov karena kendali atas wilayah Zaporizhia dan Kherson tidak akan lagi dibuka untuk Kiev,”.

“Saya yakin setelah penyatuan kembali wilayah kami dengan Rusia, Laut Azov akan kembali ke perbatasan Rusia (perairan teritorial Rusia) melalui laut, karena sebelumnya secara eksklusif berada dalam batas-batas wilayah Rusia,” tegasnya.

Sebelumnya, Georgiy Muradov, Wakil Tetap Krimea untuk presiden dan wakil perdana menteri Rusia mengklaim setelah pembebasan Mariupol, Laut Azov menjadi laut bersama Rusia dan Republik Rakyat Donetsk.

Gelar Latihan Perang dengan Rusia, Cina Kirim Pesan ke AS

 

Militer Cina menggelar latihan perang dengan Rusia dan memperingatkan Amerika Serikat supaya tidak mencampuri urusan pulau Taiwan.

Militer Cina hari Rabu (25/5/2022) mengumumkan bahwa latihan gabungan Cina-Rusia diadakan di sekitar pulau Taiwan, dan mengatakan bahwa latihan ini merupakan peringatan serius bagi Amerika Serikat.

Menurut militer Cina, Taiwan adalah bagian dari Cina dan militer bertekad untuk mencegah campur tangan pasukan asing, terutama Amerika Serikat di pulau itu.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Cina mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan membayar harga besar jika terus mengambil jalan yang salah di Taiwan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Wang Wenbin mengatakan,”Tidak boleh ada satu pihak pun yang dibiarkan meremehkan tekad rakyat Cina dan keinginan kuat mereka untuk mempertahankan kedaulatan nasionalnya.”

“Beijing tidak akan mengizinkan negara mana pun di dunia untuk ikut campur dalam politik domestik Cina, dan Taiwan adalah bagian integral dari Cina,” ujar Wenbin.

Amerika Serikat berencana menggunakan pulau Taiwan sebagai kartu untuk menekan China, tetapi pejabat Beijing mengatakan mereka tidak akan terintimidasi oleh ancaman tersebut.

AS Berikan Peringatan Keamanan untuk Warganya di Israel

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Al Quds memperingatkan warganya untuk tidak mendatangani pusat-pusat keramaian karena adanya potensi ketegangan.

Situs Departemen Luar Negeri AS, Rabu (25/5/2022) melaporkan, merespon kemungkinan munculnya ketegangan di Israel, akibat keputusan Tel Aviv untuk menggelar Pawai Bendera di kota Baitul Maqdis, Kedubes AS terpaksa memberikan peringatan keamanan untuk warganya di wilayah itu.

Kedubes AS, Rabu malam memperingatkan warganya di wilayah pendudukan untuk menjauhi pusat-pusat keramaian, karena mungkin akan muncul ketegangan.

“Bagi warga AS diingatkan agar berhati-hati, dan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kewaspadaan, karena peristiwa-peristiwa keamanan biasanya terjadi tanpa peringatan. Lingkungan keamanan rumit, dan tergantung pada situasi politik, dan kejadian-kejadian terbaru bisa berubah cepat,” tulis Kedubes AS.

Ditambahkannya, “Dikarenakan ketegangan-ketegangan yang ada saat ini, dan masalah keamanan yang mungkin muncul di wilayah lama Jerusalem, pembatasan-pembatasan di bawah ini bagi pegawai pemerintah AS, dan keluarga mereka tetap berlaku sampai hari Senin, 30 Mei 2022.”

Di antara pembatasan itu adalah, warga AS dilarang memasuki kota lama Al Quds pada malam hari atau pada hari Jumat, mereka dilarang masuk dari Bab Al Amud, Bab Al Asbat, dan Bab Al Zahara, mereka juga dilarang memasuki kota lama pada hari Minggu, 29 Mei 2022.

Organisasi Muslim Singapura Dukung Keputusan Pemerintah Larang UAS Masuk

 

Kementerian Hukum dan Dalam Negeri Singapura serta organisasi Islam negara itu mengkritik penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) usai dirinya mengklaim dideportasi dari negara-kota itu pekan lalu.

Organisasi tokoh muslim Singapura yang tergabung dalam Grup Rehabilitasi Religius (RRG) menyesalkan penceramah yang tak sejalan dengan nilai Islami.

“Grup Rehabilitasi Religius merespons dengan rasa malu dan penyesalan sangat dalam untuk sejawat penceramah yang muncul untuk menguasai dan menyebarkan pandangan yang bertentangan dengan nilai-nilai Islami dan universal terhadap kemanusiaan, belas kasih, rasa cinta syarat terhadap sesama,” demikian pernyataan RRG di unggahan Facebook, seperti dikutip The Strait Times.

Mereka kemudian melanjutkan, “Kami sangat mendukung posisi pemerintah Singapura bahwa pandangan dan orang-orang yang memecah belah tidak memiliki tempat di negara ini.”

RRG merupakan organisasi untuk meredam radikalisme di Singapura. Mereka kerap memberi konseling terhadap sejumlah muslim yang terpapar radikalisme, narapidana teroris, dan mereka yang menyebarkan ekstremisme.

Kasus Pengeroyokan Ade Armando Masuk ke Kejari Jakarta Pusat

 

Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Kejari Jakpus) telah menerima penyerahan berkas perkara dan barang bukti kasus dugaan pengeroyokan Ade Armando pada Rabu petang sekitar pukul 16.30 Wib.

Menurut Kepala Seksi Intelijen, Penyidik Polda Metro Jaya telah menyerahkan berkas perkara serta Tersangka kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

” Dalam perkara dugaan pengeroyokan atas nama Tersangka I Komar Bin Rajum, Tersangka II Al Fikri Hidayatullah, Tersangka III Marcos Iswan, Tersangka IV Abdul Latip, Tersangka V Dhia Ul Haq dan Tersangka VI Muhannad Bagja,” jelas Kepala Seksi Intelijen Kejari Jakpus Bani Immanuel Ginting SH MH, Rabu (25/5/2022).

Bani menyampaikan bahwa keenam Tersangka tersebut diduga telah melakukan tindak pidana secara terang-terangan. Dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang yaitu korban atas nama Ade Armando yang mengakibatkan luka-luka.

Peristiwa tindak pidana tersebut terjadi di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada saat sedang berlangsung aksi unjuk rasa mahasiswa di Kawasan Gedung DPR-MPR RI beberapa waktu lalu.

” Atas perbuatannya tersebut, keenam Tersangka dijerat dengan Pasal 170 Ayat 2 ke-1 KUHP Subsidiair Pasal 170 Ayat 1 KUHP dengan ancaman maksimal pidana penjara selama 7 (tujuh) Tahun,” kata Kasi Intelijen Kejari Jakpus.

Kemudian, untuk kepentingan penuntutan pidana, kata dia, maka keenam tersangka tersebut ditahan oleh JPU selama 20 hari kedepan di Rutan Polda Metro Jaya. Penahanan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 25 Mei 2022 sampai dengan tanggal 13 Juni 2022.

Jaksa Penuntut Umum selanjutnya akan mempersiapkan surat dakwaan guna melimpahkan perkara pengeroyokan ini ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan permintaan untuk diperiksa dan diadili. (Dw)

Kapal Pengungsi Rohingya Tenggelam

Setidaknya 14 orang tewas dan puluhan lainnya hilang usai kapal yang mengangkut 90 pengungsi Rohingya tenggelam di Myanmar akhir pekan lalu.

Radio Free Asia yang dikutip Reuters, 20 orang yang selamat langsung ditahan pihak berwenang wilayah Ayeyarwady, Myanmar.

Menurut keterangan salah satu korban yang selamat, kapal itu berangkat dari negara bagian Rakhine menuju Malaysia pada 19 Mei lalu. Namun dalam perjalanan, mereka mengalami sejumlah masalah.

Malaysia menjadi salah satu tujuan warga Rohingya karena negara ini dianggap punya rasa simpati terhadap pengungsi meskipun status mereka tak diakui secara resmi.

Menurut catatan UNHCR, terdapat 630 pengungsi Rohingya yang mencoba menyeberang Teluk Benggala pada Januari hingga Mei 2022. Mereka juga melaporkan jumlah pengungsi Rohingya yang menyeberang naik hingga 60 persen.

“Tragedi terbaru menunjukkan sekali lagi rasa putus asa etnis Rohingya di Myanmar dan di wilayah lain,” demikian pernyataan resmi Komisioner Tinggi urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR), seperti dikutip AFP.

Sejauh ini, juru bicara junta Myanmar tak memberi tanggapan usai dimintai komentar soal kapal tenggelam tersebut.

Banyak Rohingya meninggalkan Myanmar karena mengalami persekusi di negara mayoritas Buddha itu. Sejauh ini, tercatat 600 ribu warga Rohingya sudah angkat kaki dari Myanmar.

UNHCR memperkirakan 148 ribu warga Rohingya mengungsi, dan banyak dari mereka hidup di kamp. Pada 2017 lalu, tercatat 730 ribu warga Rohingya melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari tindakan keras militer.

Menurut penyelidikan PBB, Myanmar melakukan pemerkosaan dan genosida terhadap Rohingya. Namun, pemerintah Myanmar membantah tuduhan itu.

Ditekan Sanksi Barat, Nilai Tukar Rubel Malah Naik

Nilai mata uang Rusia, rubel kemarin mencapai level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan empat persen terhadap dolar dan euro.

Peningkatan nilai tukar rubel baru-baru ini terjadi karena pengawasan Bank Sentral Rusia dan kewajiban perusahaan ekspor Rusia untuk mengubah mata uang yang diterima menjadi rubel, menyusul pembekuan hampir setengah dari pendapatan emas dan valuta asing Rusia sejak dimulainya perang di Ukraina perang pada 24 Februari lalu hingga kini

Rubel, yang nilainya terhadap dolar telah meningkat sebesar 30 persen tahun ini (2022) menunjukkan kinerja terbaiknya di saat banyak mata uang lain terpuruk karena guncangan krisis, terutama energi dan pangan.

BCS Express melaporkan bahwa pasokan mata uang asing oleh eksportir, tingginya harga minyak dan dorongan perusahaan pengekspor untuk mengubah pendapatan valuta asing menjadi rubel menjadi rangkaian faktor yang memperkuat mata uang Rusia.

Seorang analis di perusahaan investasi Rusia, Tinkoff memperkirakan rubel akan terus bertengger stabil dalam jangka menengah menjelang musim gugur.

Analis menilai permintaan Moskow terhadap pembeli asing gas alam untuk membayar dalam mata uang rubel telah membantu memperkuat mata uang Rusia itu.

Jaringan Kerja Pemimpin dan Rakyat

Exit mobile version